Sehari tanpa gadget dan internet mampukah

Baca Juga


Sudah tidak bisa di pungkiri lagi jika gadget dan internet tidak bisa di pisahkan dari diri kita,
Saya pernah berpikir apakah kita mampu jika hidup sehari saja tanpa menyentuh gadget atau internet.

Saya pernah mencoba nya,
dan itupun karna terpaksa...,
Mengapa saya katakan terpaksa...?,
Karna seharian lampu di tempat saya padam alias mati, dan malam nya saya lupa ngecas,
Alhasil pagi nya
Lampu mati seharian.
Selama seharian penuh hidup ini tidak menentu dan nano- nano banget,coba cari kesibukan lain atau mengerjakan sesuatu sambil menunggu sore, berharap sore nya lampu sudah menyala,
Tapi yang di harapkan sampai tengah malam lampu tidak kunjung nyala, alhasil sampai pagi nya lagi baru lampu nya menyala, jadi lengkap sudah sehari semalam hidup tanpa internet dan ponsel.

Dari pagi sampai malam, di mana saja, kita selalu “dekat” dengan smartphone. Setiap saat, termasuk ketika sedang makan, kita sulit melepaskan ponsel dari genggaman. Sampai saat ini para ahli masih pro-kontra apakah kondisi tersebut bisa digolongkan ke dalam kategori kecanduan atau sekadar penggunaan yang berlebihan saja.

Dilansir WebMD, sebuah studi yang dilakukan sejumlah peneliti di Harvard Business School dan melibatkan 1.600 manajer dan profesional, menemukan bahwa:

70% mengatakan setiap jam mereka mengecek smartphone
56% mengecek smartphone satu jam sebelum tidur
48% mengecek smartphone sepanjang weekend, termasuk hari Jumat dan Sabtu malam
51% mengatakan saat berlibur selalu mengecek smartphone
44% mengatakan bahwa mereka akan merasakan kecemasaan jika smartphone mereka hilang dan tidak bisa menemukannya.

Sekarang ini dengan adanya kemudahan memiliki gadget dan kemudahan akses internet. Semua orang bisa berkarya dan mengembangkan teknologi yang kita miliki menjadi lebih maju. Lalu apakah dengan maju nya teknologi akan membuat kita menjadi manusia yang lebih baik kedepannya? Apakah kita akan semakin bergantung dan menjadi orang individualis? Pertanyaan-pertanyaan ini lah yang mungkin ada di benak kita.

Lalu apa manfaat bagi tubuh jika kita mampu mengurangi menggunakan gadget barang satu hari saja setiap minggu nya.

mengurangi penggunaan gadget
Mengubah susunan otak.


Dilansir dari dailymail.co.uk, menurut Susan Greenfield, gadget membuat kita menghadapi krisis yang belum terjadi sebelumnya. Krisis ini terjadi menembus hati dan kepala kita. Krisis ini juga yang dapat membentuk kembali bagaimana kita berinteraksi satu sama lain, mengubah apa yang membuat kita bahagia, dan mengubah kapasitas kita untuk mencapai potensi penuh kita sebagai individu. Dan ini semua disebabkan oleh satu fakta sederhana: otak manusia, organ yang paling sensitif, yang berada dalam bahaya dari dunia modern.

Satu fakta penting yang harus kita ketahui bahwa otak bukanlah organ yang tidak berubah seperti yang selama ini kita bayangkan. Tidak hanya berkembang, berubah dan dalam beberapa kasus menyedihkan, pada akhirnya memburuk dengan umur yang semakin tua. Otak juga terbentuk kembali melalui apa yang kita lakukan padanya, dan dengan pengalaman yang kita lalui di kehidupan. Ketika disini tertulis “terbentuk ulang”, artinya bukan secara kiasan saja, namun benar-benar terjadi bahwa otak kita dapat terbentuk ulang, dalam tingkat mikro seluler. Wah ngeri ya, ternyata ini salah satu alasan mengapa kita harus mengurangi penggunaan gadget kita.

Share:

22 komentar:

  1. Cukup sulit mas.. Apalagi sekarang aktif menulis blog, yang mengharuskan kita sering memperbaiki blog kita dan terus memantaunya seperti kebiasaan menulis, men-share-nya ke media sosial hingga mengenalkannya melalui blogwalking.. Walaupun begitu tetap saya usahakan, agar kesehatan tetap terjaga..

    Kira-kira tips yang cocok agar bisa mengurangi penggunaan gadget, apa ya mas??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin punya kesibukan lain yg mengasikkan.., sehingga mampu membuat kita lupa sesaat dwngan gadget dan internet

      Hapus
    2. Saya pun ngeblog tidak sengoyo dulu, tidak berambisi dolar tapi sekedar untuk hiburan melatih menulis saja.

      Hapus
  2. Kalau saya kayaknya nggak bisa sehari tanpa gadget karena urusan kerjaan dan blogging ada di smartphone. Tapi kalau mengurangi misalnya pas jalan-jalan sama anak nggak bawa hape untuk quality time maka itu bisa. Sya akui udah kayak nyandu saa gadget dan internet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. sih saya juga udah pernah ngerasain.....

      Hapus
  3. Dari dulu pun HP ga bisa lepas dari saya Sob, bukan karena trendnya gadget Android sekarang ini tapi karena kebutuhan untuk buat situs dan blog. Kalo medsos cuma ada FB aja untuk baca/share status teman2 yg bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. kayak nya kita emang gak bisa lepas lagi dari hp

      Hapus
  4. Saya bisa mas, sehari tanpa gadget, tapi abis itu besoknya kena marah bos karna wasap ga dibalas wwkwkwkwkkw :))

    Tapi kalau misal istri saya disamping saya, jarang sekali liat handphone mas Jhon..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya.. sudah menjadi kewajiban dan kebutuhan yg gak biasa di pisahkan

      Hapus
  5. sehari tanpa internet sepertinya saya akan uring - uringan, gan... soalnya sudah ketagihan, hahahah...

    BalasHapus
  6. awal mula saya mengenal gadget, tampak kecanduan juga. Kemana-mana selalu ingin dekat dan membuka media sosial, suka berceloteh ria. Ternyata tanpa bercelotek ria, kehidupan saya pun tetap biasa-biasa saja. Semenjak itu ,saya mengurangi gadget.

    BalasHapus
  7. Sebenernya sering liatin hp itu gak bagus. Tapi kayaknya orang jaman sekarang udah bergantung sama hp. Saya aja gitu. Sehari gak megang kayak ada yang ilang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pokok nya udah nempel sama tangan dan hati ya mbak

      Hapus
  8. Hidup tanpa laptop sehari kayanya masih bisa.. tp kalau kaga ada hp kayanya jenuh dan strrss

    BalasHapus
  9. Sepertinya sangat sulit jaman sekarang apa apa pakai internet..

    BalasHapus
  10. Saya juga pernah mengalami keadaan terpaksa seperti mas Jhon. Mungkin itu salah satu hari yang hampa dalam hidup saya hahaha :))

    Semua yang berlebihan memang tidak bagus, akan tetapi gadget dan internet sangat bermanfaat jika digunakan untuk hal-hal yang positif. Yang penting jangan berlebihan :D

    BalasHapus
  11. Sebenernya ada untungnya juga klo kita bisa lepas dari gadget ato internet meski cuma sebentar. Klo saya kemarin sempat mati lampu, meski ternyata g sampe 15 menit tapi jadi kesampean betulin atep yang bikin tampias di belakang rumah, hihihi.

    BalasHapus
  12. Wah susah banget nih kalo aku tanpa hp tanpa internet seharian, soalnya mesti ngecek kerjaan nyusun draft dll. Tapi kalo dibalik setidaknya akan merasakan sehari tanpa internet nanti saat Nyepi :D

    BalasHapus

  13. Aku bisa sehari bahkan seminggu tanpa hape, pengalihanku ya dengan membaca buku. Tapi rasanya itu loh kalo lama nggak pegang hape, aku ketinggalan informasi buanyaak banget hahaa

    BalasHapus
  14. Duh kayaknya aku nggak bisa jauh jauh dari gadget dan internet. Apalagi jaman sekarang yang serba vepay

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar Anda yang sesuai dengan pokok bahasan.

Diharap tidak menggunakan akun G+

Pendukung

Artikel Populer

 
Back to Top